Subscribe:

CARA TERNAK CACING LUMBRICUS RUBELLUS

gudang-kascing2.jpgimg0152a.jpgpeternakanku di Bandung

Banyak cara ternak cacing yang ditawarkan dan diajarkan, namun tidak semua gampang seperti yang tiajarkan, cara ternak cacing yang saya praktekana di peternakan saya sebagai berikut:

1. Siapkan lahan ( lokasi peternakan ) dan wadah atau kotak.

2. Siapkan media, usahakan media yg banyak kita dapat di sekitar peternakan, supaya tidak menambah kost pengeluaran lagi.

3. Siapkan induk cacing. ( dapat dibeli di saya )

4. Siapkan pakan cacing, berupa ampas tahu atau kotoran sapi yg baru 2-3 hari.

5. Siapkan pekerja

Setelah semua siap, lakukan sebagai berikut: masukan 0.5kg induk cacing kedalam satu wadah atau kotak berisi minimal 3kg media yg telah matang, berikan dia pakan setiap dua hari sekali kalau diberi pakan ampas tahu, tapi jika diberi pakan kotoran sapi yg baru 2-3hari berikan satu minggu sekali. Periksalah setiap 2-3 minggu sekali, bila terlihat sudah bertelur dan banyak telurnya serta menguning segeralah dipisahkan antara cacing dan telur cacing. Induk cacing dipindahkan kemedia yang baru dan wadah yg baru pula, sedangkan media yg lama beserta telur cacing dimasukan lagi ke wadah yg lama, biarkan telur tersebut 2-3minggu atau sampai menetas, setelah menetas beri pakan sampai dia sebesar induknya yaitu sekitar 1 bulan kemudian, setelah itu lalu dipindahkan ke media yang baru, dan media bekas dia bisa diambil sebagai kascing atau pupuk organik. Sementara itu induk cacing yang tadi biasanyasudah bertelur lagi beberapa kali karena bila pakan dan medianya bagus induk cacing tersebut akan bertelur setiap 2 minggu sekali.

0 komentar:

Posting Komentar